HEADLINE NEWS

Indeks Populer

Mengenal Apa itu High Definition TV Pada Sebuah Siaran

Mengenal Apa itu High Definition (HD) TV/photo ilustrasi


bidikchanel Beberapa saat yang lalu kita sudah membahas apa itu Mpeg2 dan Mpeg4 pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai HD apa sebenarnya HD itu dan bagaimana fungsi kerjanya dalam hubungan dengan Receiver  terhadap kualitas sebuah gambar dari siaran yang kita tonton.

Pengertian HD adalah - High Definition (Definisi tertinggi)tingkat detail tertinggi pada sebuah layar kaca atau screen yang dikemas pada tampilan pixel(elemen terkecil  pada titik-titk layar yang

digambungkan untuk membentuk gambar secara keseluruhan yang terbaik atau dengan kata lain memiliki tingkat resolusi yang hampir sempurnah.biasanya bisa di temui pada channel feed.

Diketahui bahwa channel feed memilik tingkat gambar yang tinggi namun begitu tidak semua channel feed bisa ditonton secara fta sebab siaran ini sering memakai model coding untuk mengamankan siarannya. 

model coding ini dapat anda ketahui lewat Cara Kerja Codec 4.2.2 pada Siaran Feed ternyata ada bisa dibuka dan tidak bisa dibuka atau dibobol. itu sedikit sentilan siaran HD pada channel feed.

berbeda dengan Standart Definition yang tampilannya mengikuti ukuran layar kaca dengan tidak melebihi tampilan pixelnya.ok saya tidak akan terlau jauh untuk membahas ini karena memang terbatas pengetahuan saya.kita kembali lagi kemateri sebelumnya.

High Definition di bagi dalam beberapa jenis :

1.720p,
2.1080p
3.1080i
4.Full HD
5.Quad HD
6.4K Ultra HD

hasil pada gambar yang digunakan secara umum saat ini adalah ukuran standar dari 576p yang cocok dengan Receiver Mpeg2 sementara untuk receiver Mpeg4 cocok dengan jenis 720p pada layar televise 30 inch kebawah dengan koneksi kabel rca(kuning,putih,merah)kalau kita akan
memakai setingan 1080p,1080i,

Full HD kita harus memakai receiver Mpeg4 dengan format HD dan Full HD baru kita akan mendapatkan gambar yang sempurnah dengan  koneksi kabel HDMI.terhadap format ini tidak cocok untuk tv tabung  tapi TV berjenis LCD, LED dan sejenisnya

maka manfaat dari setingan 1080p,1080i, dan Full HD baru bisa di nikmati maksud saya bukan tidak cocok tidak akan keluar siarannya tapi tampilan gambarnya tidak sejernih seperti yang saya maksudkan, apalagi siaran dengan acakan bisskey maupun acakan yang lain termasuk powervu key rata-rata format gambarnya sudah full hd.

Untuk Quad HD dan 4K Ultra HD tidak terlalu penting untuk di bahas karena komsumsi masyarakat dari kedua materi tersebut masih terbatas karena biaya utnuk medapatkan tv dengan tipe tersebut sangat besar(kecuali bagi mereka yang berduit tidak masalah) tapi tidak apa-apa kita akan bahas dilain waktu.

Pengertian “P” dan “I” pada jenis resolusi tadi

P: adalah kepanjangan dari "progressive scan" maksudnya adalah memberikan gambar secara berurutan dengan membuat keseluruhan gambar lebih halus dan  ini bisa di temukan pada layar TV LCD, LED dan plasma dan jenis TV HD yang  lain.

I: adalah kepanjangan dari "interlaced scan" maksudnya pemindahan  gambar secara vertikal dengan menampilkan baris resolusi ketingkat lebih tinggi ini lebih terlihat pada siaran langsung sepak bola
Jadi 1080i dan 1080p kedua-duanya menampilkan gambar pada tingkatan pixel yang sama 1920 x 1080. yang membuat perbedaan adalah bagaimana kita mengaturnya dengan peralatan yang sesuai penggunaan sebenarnya .

HDMI
HDMI adalah High Definition Multimedia Interface yang mengkompresi  audio/video digital antar muka dengan koneksi tunggal yang berjenis kabel  data.walau sifatnya tunggal tapi kabel data HDMI ini dapat mentransmisikan  semua standart HDTV seperti 720p, 1080i, dan 1080p, serta format definisi  standar seperti NTSC atau PAL.

HDMI dimaksudkan untuk membawa beberapa saluran, dari 192kHz, 24-bit audio terkompresi, yang melebihi semua format media konsumen saat ini. Selain itu, HDMI dapat membawa semua format audio terkompresi seperti Dolby atau DTS. [Sumber: diambil dari HDMI.org]

Jadi HDMI (kabel) pendukung terhadap tampilan kwalitas gambar video dari saluran chanel yang ingin kita tonton seperti chanel-chanel TV yang berformat HD diantaranya adalah Sony Espn HD, Sony Six HD, PPTV HD, Bein Sport HD, CH3 HD, dan lain-lain.

Berikut Refrensi Pasangan:

1.TV Tabung,kabel rca, Receiver Mpeg2, Mpeg4/HD
2.TV LED/LCD dan sejenisnya kabel HDMI,Receiver Mpeg4/HD, Full HD

Jika kita Mengintip Chanel-Chanel TV HD dari Negeri Gajah Putih hampir semuanya sudah berformat gambar high definisi atau gambar cukup tajam dan elegan bila dikoneksikan dengan kabel HDMI berbeda dengan negara pemilik +62 rata-rata masih standar definisi. 
    Untuk kecocokkan terserah anda mau ambil yang mana.semuanya punya banyak pilihan.mungkin ini dulu dari saya tentang apa itu HD semoga bermanfaat mohon maaf kalau masih banyak yang kurang.kalau mau di tambahkan silahkan posting pada komentar.

    Salam Treking

    Previous
    « Prev Post
    Show comments

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *