HEADLINE NEWS

Indeks Populer

Mengenal Apa Sebenarnya DVB-S dan DVB-S2 Pada Receiver


bidikchanel
DVB-S (Digital Video Broadcasting - Satellite) adalah Digital Video Broadcasting yang berformat coding digital dengan modulasi standar untuk televisi satelit. Aplikasi ini pertama tersedia secara komersial di Perancis melalui Canal +, pada siaran digital televisi, satelit untuk publik lokal tetapi juga menjangkau seluruh dunia.

Dilansir dari bbcelectricnews DVB-S digunakan dalam dua mode MCPC (pancaran melalui satelit) dan SCPC (pancaran langsung dari area siaran untuk sebuah kegiatan atau biasa disebut Feed), terhadap siaran langsung (live) seperti Sky Digital (UK)

melalui Astra di Eropa.Sebenarnya standar DVB-S hanya diuntukkan pada karakteristik link fisik dan framing, untuk transmisi standar (biasa saja) DVB-S ini lebih diuntukkan ke Receiver MPEG-2, yang dikenal sebagai transmisi stream MPEG (MPEG-TS) pada modus amatir 1,2 GHz.

DVB-S2 adalah Digital Video Broadcasting Satelit Generasi Kedua yang dirancang sebagai pengganti standar DVB-S dengan memiliki tingkat kepekaan audio diatas standar rata-rata dan bisa menkonpresikan siaran feed dengan format gambar paparan tertinggi hight definition(HD) anda bisa baca juga Mengenal Apa itu High Definition (HD) TV

Hal ini didasarkan pada DVB-S dan standar DVB-DSNG (Digital Satellite News Gathering), digunakan oleh unit mobile untuk mengirim rekaman eksternal kembali ke stasiun televisi. DVB-S2 ini dibuat untuk layanan broadcast standar penyiaran, HDTV,

Layanan interaktif termasuk akses internet, dan pengdistribusian konten (profesional) data. Perkembangan DVB-S2 di sesuaikan dengan hadirnya HDTV dan H.264 (MPEG-4 AVC) bahkan saat ini pengembangan teknologinya sampai pada hight konprehensi

Codec video sehingga pada tahapan ini bisa membuka key yang diformat kesebuah channel tv yang hendak disiarkan.DVB-S2 mendukung untuk membuka siaran yang terkunci lewat berbagai acakan seperti bisskey, powervu key, tanberg, irdeto dan lain-lain.

Ada Dua fitur key (kunci) terbaru yang ditambahkan pada system ini yaitu:
1.skema pengkodean kuat berdasarkan kode LDPC modern(bisa untuk membuka key)
2.VCM (Coding Variable dan Modulation) dan ACM (Adaptive Coding dan Modulation)

mode, yang memungkinkan optimalisasi pemanfaatan bandwidth dengan dinamis mengubah parameter transmisi.Biasanya ini pada internet streaming maupun IPTV. serta data berbasis coding
yang sering disematkan pada pengencryption channel tv, cara inilah yang dipakai untuk memformat bisskey maupun powervukey pada sebuah siaran sebelum ditayangkan.

Dalam hal ini DVB-S2 memiliki keunggulan kinerja yang lebih baik dari DVB-S pada bandwidth transponder satelit yang berbeda tapi memiliki pancaran sinyal yang sama kwalitasnya.

maksudnya adalah jika kita akan masukan Transpoder/frekuensi yang sama pada kedua receiver maka receiver yang bermodulasi DVB-S hanya suara yang akan keluar sementara receiver yang  bermodulasi DVB-S2 suara(audio) dan gambar(video) akan keluar bersamaan.

ini juga termasuk siaran berformat HD bisa di backup oleh DVB-S2 kalau hanya DVB-S siaran yang berformat HD tidak akan muncul alias zonk tetapi memiliki kwalitas sinyal yang sama seperti yang di jelaskan diatas.

Jadi ada baiknya kita memilih receiver yang DVB-S2 tetapi juga yang sudah HD (High Definition).Mungkin demikian catatan saya pada lain kesempatan kita akan membahas tetang format AAC


Karena hal ini berhubungan dengan MPEG-MPEG2-MPEG4 maka anda  perlu mengetahui
Mengenal Apa itu Mpeg2 dan Mpeg4 sehingga saat berhubungan pekerjaan anda mengenai istilah-istilah ini paling tidak telah memiliki refrensi dasar mengenai sedikit penjelasan tentang pengoperasian digital elektrik seperti receiver dan lain-lain.

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *