HEADLINE NEWS

Indeks Populer

Mengenal Apa itu Mpeg2 dan Mpeg4

Matrix Starlink V tahun 2001/photo lembehtrav

Lembehtrav.com Tentu untuk pengguna receiver dengan berbagai merek sudah tahu apa itu Mpeg2 dan Mpeg4 Walau kita sering mengoperasikan kedua istilah tersebut adakalanya kita belum paham apa yang di maksud dengan istilah itu .

pada kesempatan ini kita akan membahas kedua istilah tersebut berhubungan dengan peralatan parabola khususnya receiver parabola walau kedua istilah itu bukan hanya di pakai pada receiver parabola karena tema kita berhubungan dengan tontonan yang akan kita nikmati

maka saya akan coba menjelaskan kedua istilah tersebut dari pengalaman saya dan dari beberapa sumber sesuai kebutuhan kita.mungkin ini sudah di tulis oleh rekan kita yang lain tapi nggak apa-apa ini menurut versi saya silahkan lengkapi kalau ada yang kurang.Ok kita lanjut saja dengan yang pertama

Apa itu MPEG
Sebelumnya kita harus mengetahui apa dasar dari istilah ini MPEG kepanjangan dari Moving Pictures Experts Group adalah badan yang bertanggung jawab terhadap standar yang sering digunakan untuk mengkodekan video dengan kualitas tinggi, di beberapa perangkat portable.

jadi MPEG mengawali MPEG2 dan MPEG4 untuk digunakan sebagai standar kompresi audio atau video dalam banyak aplikasi multimedia, mulai dari perangkat mobile atau pemutar VCD/DVD termasuk dalam bahasan kita yaitu receiver parabola.

MPEG2
MPEG-2 adalah Format pengkodean yang dikembangkan pada tahun 1995 yang terapkan buat siaran televisi digital, VCD/DVD dan yang sejenis dengan menggunakan teknik kompresi lossy

untuk file audio dan video, secara mendasar dalam mengurangi ukuran file. dalam hal ini metode pengkodean yang digunakan lebih menunjuk pada  siaran televisi dan DVD sehingga Video atau kompresi audio lebih terjaga kualitas audio atau videonya dengan jumlah bit yang lebih kecil.

MPEG4
MPEG-4 dikembangkan pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mendapat kompresi yang lebih tinggi, dengan bandwidth yang lebih untuk kualitas audio dan gambar yang lebih baik lagi dibandingkan dengan format MPEG2.

Jadi tujuan dari MPEG4 adalah untuk mendapatkan gambar yang lebih baik dan kualitas audio dengan ukuran file yang lebih kecil (walau demikian masih lebih baik tampilan gambar dari MPEG2 di banding dengan MPEG4)

 Ini juga dikembangkan khusus untuk perangkat mobile dan online streaming atau transmisi. Kebanyakan codec video modern didasarkan pada MPEG4 seperti DivX dan Xvid.dalam hal ini MPEG4 selangkah lebih maju dari MPEG2 terhadap encoding penyiaran.

Saya beri contoh Receiver yang berformat MPEG2 ketika kita masukin transpoder atau frekuensi yang berformat MPEG4 maka hanya suara(audio) yang keluar bukan video sedangkan kalau kita masukin transpoder/frekuensi berformat MPEG2 ke MPEG4 maka kedua-duanya akan keluar audio/video berikut tampilan gambar Mpeg2 dengan:


Tampilan Gambar Mpeg4 Orange TV Mi788

jadi kesimpulannya MPEG-4 adalah format encoding jauh lebih fleksibel untuk keseluruhan kompresi yang lebih tinggi, ukuran yang lebih kecil dan aplikasi yang luas, sehingga ripping DVD ke MPEG4 akan menjadi lebih yang baik. sementara MPEG2 memiliki kriteria terbatas seperti dibawah ini:

1MPEG2 adalah metode pengkodean untuk DVD, sementara MPEG4 adalah 
metode encoding pilihan untuk perangkat portabel dan penggunaan online.

2MPEG2 file video dikodekan jauh lebih besar dibandingkan dengan MPEG4.

3MPEG2 membutuhkan lebih banyak bandwidth untuk streaming dibandingkan 
dengan  MPEG4

4.MPEG2 menghasilkan kualitas video terbaik dibandingkan dengan MPEG4.
 kompresi MPEG2 adalah jauh lebih sederhana dibandingkan dengan MPEG4.


Baca Juga : Cara Mengetahui LNB Rusak atau Tidak
    Catatan: Kalau kita Mau membeli Receiver pilihalah receiver yang berformat mpeg4 tapi juga yang sudah High Definition(HD) atau FULL HD karena berhubungan dengan tampilan ketajaman gambar yang dihasilkan .  selanjutnya kita akan bahas apa itu High Definition(HD) pada kesempatan berikut.
    Demikianlah materi ini saya buat semoga bermanfaat, mohon maaf kalau banyak kekurangan.jangan lupa di like ya gan.catatan ini di ambil dari berbagai sumber

    Salam Treking

    Previous
    « Prev Post
    Show comments

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *